umardotcom's Weblog

Dunia Maya Seputar Informasi teknologi dan Informasi Yg Bermanfaat Untuk Kita Semua

Penyebab komputer tiba – tiba mati sendiri

Satu ketika ada klien gw yang mengeluhkan komputer tiba – tiba mati sendiri dan ketika di nyalain lg malah gak bisa dan langsung restart sendiri, weleh – weleh opo maning..iki (eh ko jadi bhs.jawa).Sungguh Aneh itu komputer sempat di bikin pusing gw di buatnya ma itu komputer,karena semua jurus yang gw lakukan tetap azah belum bisa terobati juga tuh komputernya, Ini beberapa Jurus yang gw lakukan dalam melakukan trobleshooting ini seperti berikut :

1.CEK ARUS LISTRIK

Setelah gw perhatikan Arus Listrik yang terhubung ke PC tidak ada masalah atau gangguan apapun alias Normal.

2.CEk Memory/RAM

Gw coba ganti memory/RAM dengan memory yang masih bagus alias gaspol, tetap masih belum membarikan solusi.

3.CEK Power Supply

Gw pikir power SUpply takutnya udah mulai aus tuh power supply nya,maka gw ganti dengan yang baru yang tentunya power supply yang belum tersentu dengan PC lain, ternyata masih belum bisa memberikan solusinya…hm….

4.CEK COOLER POCESSOR

Waduh setelah gw coba pegang itu collernya puanas boo….wah..gw pikir ini nih masalahnya,langsung deh gw melakukan jurus Jitu nya mentroubleshooting COOLER nya dengan cara seperti yang pernah gw bahas sebelumnya di materi “Komputer tiba – tiba restart sendiri” di blog ini juga.waduh…ternyata tidak membantu juga,Parah juga nieh komputer apa sieh masalahnya.

5. Hardisk

Setelah beberapa lama berkutak utik itu PC akhirnya ketemu juga Masalahnya, Yaitu masalah yang gw pernah gw duga – duga sebelumnya ternyata HARDISK nya RUSAK alias crash yang ada kemungkinan di board HardisKnya,pada kasus gw ini kebetulan klien gw menggunakan 2 Hardisk dimana 1.untuk sistem dan satunya lagi untuk data, kebetulan yang rusak atau CRASH itu ada di Hardisk datanya tersebut,Setelah gw teliti ternyata memang ada di board Hardisk nya ada komponen yang terbakar,Jadi yah sudah hardisk datanya tidak bisa di gunakan lagi kecuali ada Hardisk lain yang sama baik model dan merknya sama dengan hardisk lama yang Rusak tersebut dan ganti dah itu board hardisk yang lamanya dengan board hardisk yang masih wooke alias OK! Beres dah Persoalan Ini Alhamdulillah…

Semoga Bermanfaat – Um4R.CoM

http://umardotcom.wordpress.com/

Filed under: troubleshooting,

33 Responses

  1. Martinus mengatakan:

    Hi all,

    I think this information can be useful for you. If you plan to get your website, here is one good free web hosting provider to choose – 000webhost.com

    They provide hosting absolutely free, there is no catch. You get 1500 MB of disk space and 100 GB bandwidth. They also have cPanel control panel which is amazing and easy to use website builder. Moreover, there is no any kind of advertising on your pages.

    You can register here: http://www.000webhost.com/315735.html

  2. informasinya tepat dan lengkap hehehee

  3. Busana muslim mengatakan:

    Salah satu trik lain adalah coba cek cpu apakah panas atau tidak, apabila panas berarti komputer mati gara2 cpu terlalu panas, cek kipas nya cpunya apabila tidak jalan segera ganti

  4. adt mengatakan:

    Problemnya sama gan,,,sudah gw otak atik…eh malah hardisk nya terbakar…huks…rusak dech… Experience make perfect aja

  5. Aruka mengatakan:

    Keren, keren.
    Lengkap semuanya

  6. iwan chandra mengatakan:

    ap bisa tu dgn cek it aj………hrus install jga donk…………

  7. umardotcom mengatakan:

    @iwan : jika udah ganti board hardisk tidak perlu Instal Windowsnya lagi mas.

  8. gums mengatakan:

    hallo agan”,ane kan niatnya mau instal ulang komputer nich karna udah banyak virusnya.belum juga masuk ke menu boot monitor ane ngedadak hang.apa ya penyebabnya ??

  9. umardotcom mengatakan:

    coba cek penyebab yang ada ditas tsb.

  10. ukung mengatakan:

    Salam kenal, thanks infonya

  11. aziz mengatakan:

    bro minta tolong dong tiba2 kompi aq mati dengan sendirinya aq hidupkan nyala lagi pas satu jam mati lagi kena apa tuh bro please jawab ya? pusing aq

  12. umardotcom mengatakan:

    @Aziz : cek cooler processornya biasanya kepanasan, kalo memang bener ganti coolernya. cek juga Power Supplynya, Hardisknya.

  13. Adna Rezpektorss Zxr mengatakan:

    sodara sodara lamun komputeer mati total di ubarana kunaon taah?

  14. bocahINgusan mengatakan:

    gan” kalo mati total, batrey C.MOS nya abis. ganti yg baru gan, cuma 3rb.

    @umar , makaseh. yo :)

  15. Kamaruddin mengatakan:

    lagi asyik nonton film di komputer, tiba2 tuh komputer mati gak mau nyala lagi, udah dibongkar – pasang – coba nyalain lagi tapi gak mau, pusing gan, VGA card nya panas, apa itu penyebabnya, mohon pencerahannya

    • umardotcom mengatakan:

      kemungkinan Processornya panas, karena cooler untuk processor tertutup debu sehingga panasnya tidak keluar,solusinya bersihkan cooler pocessor dari debu2, dan atau bisa juga VGA yg tidak kuat sehingga menjadi panas VGA nya dan gak ngangkat lagi…

  16. cahaya net mengatakan:

    sama kaya komputer clen saya,,,,,, terdengar suara brisk tapi gk tau dari arah mana,,,, mungkin hardisk ya,,, mau buka males bangaet….. maksih, mungki clien saya itu hardisknya juga ………..

  17. Tommy mengatakan:

    kumputer kantor kadang mati sendiri itu apa nya

  18. Gin mengatakan:

    Bray kmptr gw ga bsa idup.idup.
    Tiap bru d nyalain bebrapa dtk kmudian pasti lngzng mati.
    Knpa ya?
    Uda d b0ngkar tp mzi ngaco

    • umardotcom mengatakan:

      Cara diatas udah di coba semua belum ??
      kalo udah berarti masalah kemungkinan di Processor atau di Motherboard nya, misal : ada kapasitor yang membengkak, atau ada konslet di motherboard nya, dll, kalo perlu dibawa ke service khusus motherboard.

      Semoga Membantu.

  19. muhammad adriansyah mengatakan:

    terimaksih atas infonya

  20. Immer mengatakan:

    Sangat membantu, tp masih bingung neh mati sendiri terus…

  21. lafyzhcake mengatakan:

    Ane kasi tambahan dari pengalaman, semua yg sampean cek sudah di lakukan, ternyata komputernya tetep aja shutdown sendiri

    saya lepas semua sampai heatsink. trus di pasang bertahap
    pertama di pasang processor+heatsink, alhamdulillah ngga restart.
    kedua saya pasang VGA (tanpa RAM) alhamdulillah ngga restart
    ketiga saya pasang RAM di slot pertama (kebetulan cuman ada 2 slot dan RAMnya 1 keping) eh ternyata shutdown sendiri~~~
    saya coba pasang di slot satunya, alhamdulillah ngga shutdown sendiri…

    kesimpulannya kalo kasus saya : slot RAM pertama pada motherboard bermasalah, sehingga mennyebabkan komputer shutdown sendiri

  22. Lisette mengatakan:

    “Penyebab komputer tiba – tiba mati sendiri « umardotcom’s Weblog” ended up being seriously engaging and helpful! Within modern universe honestly, that is challenging to accomplish. I am grateful, Domenic

  23. Hey There. I discovered your blog the use of msn. This is
    a very smartly written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to learn more of your helpful information. Thanks for the post. I’ll
    certainly return.

  24. rian mengatakan:

    terimaksih atas infonya

  25. simplycrack.com mengatakan:

    Appreciating the time and energy you put into your site and in depth information you present.
    It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same out of date rehashed material.
    Excellent read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  26. Ady mengatakan:

    Maaf mas, skdar tambhan. menurut saya anda sebnarnya bisa lbh menghmat wkt anda, apabila langkah2 perbaikan anda lakukan dng benar dan berurut.

Berikan Balasan

DI DUKUNG OLEH :

Welcome Myspace Comments

Dijual rumah diPasar Minggu

Kalender

Mei 2010
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Isi Polling Dung Bro!

Jadwal SIM keliling di JAKARTA

Jadwal SIM keliling

Klik di gambarnya

Info Tagihan Telpon & Speedy

Info Tagihan Telpon Telkom dan Speedy

Klik di gambarnya

Lihat Tagihan Listrik Anda

Info tagihan

Klik pada gambarnya

Info Komputer Anda!

IP
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

